azalea’s say



Ma’rifatul Rasul

1. 1. MAKNA RISALAH DAN RASUL

Risalah : Sesuatu yang diwahyukan Allah SWT berupa prinsip hidup, moral, ibadah, aqidah untuk mengatur kehidupan manusia agar terwujud kebahagiaan di dunia dan di akhir
Rosul : Seorang laki-laki (QS. 21:7) yang diberi wahyu oleh Allah yang berkewajiban untuk melaksanakannya dan diperintahkan untuk menyampaikannya kepada manusia.

2. 2. PENTINGNYA IMAN KEPADA RASUL

Iman kepada para rasul adalah salah satu rukun iman. seseorang tidak dianggap muslim dan mukmin kecuali ia beriman bahwa Allah mengutus para rasul yang menginterprestasikan hakikat yang sebenarnya dari agama islam yaitu Tauhidullah
Juga tidak dianggap beriman atau muslim kecuali kepada seluruh rasul dan tidak membedakan antara satu dengan yang lainnya.

3. 3. TUGAS PARA RASUL

Menyampaikan (tabliq) (QS. 5:67, 33:39) Yang disampaikan berupa :

1. 1. Ma’rifatullah (QS. 6.102) (Mengenal hakikat Allah)
2. 2. Tauhidullah (QS.21:25) (Mengesakan Allah)
3. 3. Basyir wa nadzir (QS. 6:48) (Memberi kabar gembira dan peringatan)

Mendidik dan membimbing (QS. 62:2)
4. SIFAT-SIFAT RASUL
1. Mereka adalah manusia (QS. 17:93-94, 18; 110)
2. Ma’shum (terjaga dari kesalahan) (QS. 3:161, 53: 1-4)
3. Sebagai suri teladan (QS. 33:21, 6:89-90)

4. 5. AKHLAQ ROSULULLAH SECARA UMUM

1. Akhlaq Qur’ani
“ Ditanyakan kepada Aisyah ra tentang akhlaq Rosulullah SAW, maka jawabnya, ‘ Akhlaqnya Qur’ani’ “ (Al Hadits)
Akhlaq Rosululah adalah Al Qur’qn. Karena itu untuk memperoleh gambaran untuk akhlaq beliau perlu memahami Al Quran dan As Sunah atau segala sesuatu yang ada kaitannay dengan pola kehidupan rosulullah.

2. Akhlaq manusia terbaik
Dikatakan oleh Anas ra. Bahwa Rosulullah adalah manusia yang terbaik akhlaqny.
Contoh Akhlaq Mulia Yang Diperintahkan Rosul
a. Jujur
Hadits rosulullah : Sesungguhnya kejujuran itu akan mengantarkan kepada kebajikan, dan sesungguhnya kebijakan itu akan mengantarkan ke surga. Dan seseorang senatiasa berkata benar dan jujur hingga tercatat di sisi Allah sebgaai orag yang benar dan jujur. Dan sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan, yang akhirnya akan mengantarkan ke dalam neraka. Dan seseorang senantiasa berdusta hingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta” (HR. Bukhori-Muslim)

b. Dermawan“Tidaklah seorang hamba berada pada suatu pagi kecuali dua malaikat turun menemaninya. Atu malaikat berkata : Ya Allah berilah kanuniaMu, sebagai ganti apa yang ia infaqkan. Malaikat lainnya berkata : Ya Allah, berilah ia kebinasan karena telah mempertahankan hartanya yang tidak dinafkahkannya“ (HR. Muttafaq’alaih)
c. Malu
“Adalah rosulullah SW sagat tinggi rasa maluynya, lebih pemalu dari gadis pingitan. Apabila beliau tidak menyenangi sesuatu, kami dapat mengetahui pada wajah Beliau “ (HR. Muslim)
“Iman itu mempunyai 71 atau 81 cabang, dan yang paling utamanya adalah mengucapkan Laa ilaaha illallah dan serendah-rendahnya adalah menyingkirakan duri (gangguan di jalan). Dan sifat pemalu merupakan satu bagian dari iman “ (HR. Muttafaq’alaih)
d. Menepati janji

1. Menutupi aib

Contoh Akhlaq Tercela Yang Diperingatkan Rosul

1. 1. Marah (QS. 3 : 133-134)

“ Dari Abi Hurairah ra. Bahwa seorang laki-laki berkata Nabi SAW : “ Wasiatilah aku “, Sabda nabi : “ Janganlah engkau mudah marah”. Maka diulangi beberapa kali, Sabdanya : “ Janganlah engkau mudah marah” “(HR. Bukhori-Muslim)

2. 2. Ghibah dan Namimah (QS. 49 : 12)
3. 3. Riya (QS. 2 : 264)
4. 4. Sombong (QS. 17 : 37)
5. 5. Zalim

“Hai hgamba-hambaKu, sesungguhnya aku telah mengharamkan kezaliman (berbuat za,im) pada didiKu, dan Aku Jadikan sebagai perbuatan haram bagi kalian, maka dari itu janganlah kalian berbuat zalim “ (HR. Muslim)
Apa kata mereka?

Muhammad SAW, manusia yang memperoleh wahyu dan mengembangkan Islam. Ia lahir kira-kira tahun 570 masehi ditengah-tengah masyarakat Arab penyembah berhala. Anak yatim sejak lahir ini senantiasa memperhatikan fakir miskin, para janda, anak yatim piatu, para hamba sahaya, dan kaum tertindas. Pada usia 20 tahun ia telah menjadi seorang pedagang yang berhasil.

Tak lama kemudian ia menjadi pemimpin kafilah unta dari seorang janda kaya. Ketika ia berumur 25 tahun, induk semang yang telah mengenal kebaikan dan jasanya meminta untuk dinikahi, walaupun wanita itu berusia 15 tahun lebih tua darinya. Muhammad menikahinya. dan wanita itu setia pada usia pada suaminya sepanjang hidupnya. seperti halnya nabi sebelumnya, Muhammad merasa tidak lain menerima firman Allah, karena merasa dirinya tidak sempurna. namun malaikat memerintahkan , “ bacalah”. sedang kita tahu bahwa muhammad tidak dapat membaca dan menulis. kemudian malaikat mulai mendiktekan wahyu Allah itu yang kelak membawa perubahan besar dimuka bumi, bahwa “hanya ada satu Tuhan”. dalam segala hal, Muhammad adalah orang yang sangat praktis. Ketika anak yang dicintainya, Ibrahim meninggal, terjadialah gerhana matahari. kemudian timbul desas desus bahwa gerhana tersebut merupakan tanda Tuhan turut berduka cita.. Tetapi Muhammad segera mengumumkan bahwa gerhana adalah salah satu peristiwa alam. Bodoh sekali orang yang mengkaitkan peristiwa ini dengan kematian seorang manusia.

Pada saat Muhammad wafatpun, muncul usaha usaha untuk mendewakan beliau tapi salah satu sahabatnya, yang kemudian menjadi khalifah sepeninggalnya, berhasil menghentikan kekeliruan ini dan mengatasinya dengan ucapannya yang sangat terkenal dalam sejarah : “ jika ada diantara kamu yang menyembah Muhammad, maka Muhammad telah mati, tetapi jika Allah yang kamu sembah, maka Dia hidup selamanya”
(james A. Michiner, The Missunderstood Religion, in the Rider’r Digest, American Edition, May, 1955, p. 68-70)

“Pilihan saya pada Muhammad untuk diletakkan pada peringkat diatas dari urutan orang-orang yang berpengaruh didunia boleh jadi mengejutkan sebagian pembaca dan membuat oranglain bertanya-tanya. tetapi ia adalah satu satunya manusia dalam sejarah yang meraih sukses yang begitu tinggi, baik dalam bidang agama maupun dalam bidang keduniaan.
( Michael H. Hart, The 100: A Rangking of the Most influential Persons in History)
MAROJI’

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: